Jumat, 13 September 2013

Tarian yang berasal dari Jawa Barat


Tari Jaipongan
Tari Jaipongan ini diciptakan oleh seniman Bandung saat itu, tari ini merupakan salah satu jenis tari pergaulan dari daerah jawa barat. Tari ini juga memiliki berbagai macam jenis gaya. Gerak-gerak bukaan, pencugan, nibakeun dan beberapa ragam gerak mincid dari beberapa kesenian di atas cukup memiliki inspirasi untuk mengembangkan tari atau kesenian yang kini dikenal dengan nama Jaipongan

Tari Topeng
Tari topeng ini tari yang berasal dari Cirebon, sesuai dengan nama tarian nya. Tari ini menggunakan topeng saat menarikan nya. Dalam legenda dikatakan bahwa saat sang penari memakai topeng diyakini  bahwa topeng-topeng tersebut merupakan titisan dari para leluhur. . Selama menari, penari menggunakan 3 buah topeng yang berwarna putih, biru dan merak secarabergantian. Topeng putih menggambarkan sifat lembut, topeng biru menggambarkan kelincahan, dan topeng merah menggambarkan sifat buruk dan pemarah. Sehingga karakteristik tarian yang disajikan dalam tari topeng ini berubah-ubah mengikuti topeng yang digunakan penari.
Tari Merak
Tari merak hampir sama tari jaipong namun tari merak ini lebih bersifat gembira karna itu tari ini sering dipakai sebagai tari penyambutan saat ada acara seperti pernikahan, Tari ini sangat indah karna tari ini merupakan ungkapan dari keindahan burung nrak itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar